Bunga Deposito

Mengulik Kalkulator Bunga Deposito dan Simulasinya Di tahun 2022

Mengulik Kalkulator Bunga Deposito dan Simulasinya Di tahun 2022 – Buat Anda yang sedang belajar berinvestasi, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya deposito. Tabungan semacam ini digunakan untuk investasi dalam jangka panjang yang akan memberi imbal hasil terbaik jika dilakukan secara konsisten.

Untuk melakukan penghitungan hasil, biasanya diperlukan kalkulator bunga. Caranya juga sebenarnya cukup sederhana, yakni dengan memasukkan dana yang didepositkan, lama penyimpanan alias tenor, dan sebagainya sehingga kita bisa langsung melihat seberapa besar uang tersebut bertambah.

Mengenal Apa Itu Deposito

Bisa dibilang, cara investasi yang satu ini dilakukan dengan cara menabung secara rutin setiap bulan atau minggu di mana pencairan tabungan tersebut dilakukan dalam jangka waktu tertentu atau pada waktu jangka penyimpanan telah berakhir.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan simpanan jenis ini, di antaranya cenderung lebih aman, syarat yang mudah, hingga bebas biaya atau administrasi bulanan. Anda tidak perlu khawatir dengan dana yang tersimpan karena tetap ada sehingga di akhir periode bisa Anda tarik semua dana yang telah tersimpan.

Ada berbagai keuntungan yang dimiliki ketika kita melakukan penyimpanan dalam bentuk deposit. Nah, berikut beberapa keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dengan membuka tabungan deposit maupun melakukan kalkulasi deposit secara rutin.

· Bunga yang lebih besar dan tetap

Jika dibandingkan dengan bunga tahunan tabungan konvensional, ternyata deposit bisa memiliki bunga yang lebih tinggi dari 3-7% setiap tahunnya. Suku bunga yang tetap dan besar tentu akan memberi kesempatan kepada para nasabah mendapatkan keuntungan dan hasil yang maksimal.

· Bebas administrasi bulanan

Keunggulan lain yang juga dimiliki oleh simpanan deposit adalah bebas biaya admin bulanan yang selama ini dianggap menyebalkan dan merugikan para nasabah. Dengan demikian, uang utama pada tabungan deposit tidak akan berkurang banyak sampai dengan jatuh tempo.

· Adanya jaminan kredit

Deposit yang dimiliki seorang nasabah juga dapat digunakan sebagai jaminan kredit selain untuk menyimpan uang sekaligus mendapatkan bunga simpanan bank. Oleh karenanya, jika seorang nasabah ingin mengajukan kredit bank, maka dana deposit tersebut bisa menjadi sebuah jaminan.

· Memiliki perlindungan

Saat menabung di simpanan deposit, kita bisa saja melengkapinya dengan asuransi. Salah satunya dengan proteksi asuransi jiwa untuk melindungi nasabah dari berbagai hal yang sangat berisiko. Dengan begitu, kita tidak perlu lagi merasa khawatir akan perlindungan di masa mendatang.

Bunga Deposito

Menghitung Kalkulator Bunga Simpanan

Untuk menghitung menggunakan kalkulator bunga simpanan, Anda dapat menggunakan rumus dana simpanan awal x tenor simpanan (bulan) x bunga deposito tahunan (%) x pajak bunga (%). Rumus ini mungkin terlihat begitu kompleks, namun dengan penghitungan yang tepat, tentu saja bunga pajak tidak akan bisa masuk dengan segera.

Sebagai contoh jika kita mendepositkan uang sebesar 10 juta rupiah dengan bunga sekitar 5,25% per tahun. Dengan menggunakan hitungan di atas, dapat dilihat jika hasil akhirnya kurang lebih Rp105.000 sehingga dana setelah tenor terakhir adalah Rp10.105.000.

Perlu dipahami jika simpanan ini juga akan dikenakan potongan pajak atau untuk nominal tertentu dengan besaran Pajak Penghasilan sebesar sekitar 20% untuk jumlah dana yang lebih dari 7,5 juta rupiah.

Itulah beberapa hal seputar deposito, keuntungannya, hingga bagaimana menghitungnya dengan kalkulator online. Pastikan penghitungan Anda senantiasa benar sehingga ketika dicocokkan dengan data pemilik maupun secara langsung, tentu Anda tidak akan merasa khawatir.

Code : Deposito7310