Dana Darurat

Dana Darurat, Strategi Pertolongan Keuanganmu Dalam Masa Krisis

Dana Darurat, Strategi Pertolongan Keuanganmu Dalam Masa Krisis – Dana Darurat merupakan uang cadangan yang di gunakan pada saat paling genting, Kenapa sih harus punya dana darurat padahal manfaat uang ya untuk di gunakan jika butuh.
Banyak yang tidak sadar bahwa belum tahu betapa pentingnya Dana darurat pada kehidupan kita, Kali ini Siswaku.my.id akan membahas tentang Dana Darurat.

Kenapa sih harus punya dana darurat? Ada beberapa manfaat memiliki dana darurat nih, yaitu:

  • Tidak khawatir tentang uang cadangan disaat butuh.
  • Tidak Ketinggalan Promo saat akhir bulan.
  • Jika Butuh uang tidak harus ambil dari Uang Investasi
  • Dana cadangan untuk antisipasi kerugian sehingga tidak perlu menggadaikan apapun atau mencari pinjaman
  • Dana darurat membuat hidup menjadi lebih tenang dan terjamin.

Dana darurat sebagaimana sesuai dengan namanya, Tugasnya seperti beberapa point yang kita cantumkan di atas.

Dana Darurat

Hal-hal apa saja sih yang perlu diperhatikan mengenai dana darurat? Berikut ulasannya!

  1. Besar Dana / Gaji Kamu setiap Bulannya
    Pada umumnya Dana Darurat besarnya yaitu 3x sampai 9x Gaji kalian setiap bulannya. Jadi misal Gaji kamu 3jt berarti Kamu harus menabung untuk Dana darurat 9jt sampai 27jt.
    Jika terlalu berat tidak usah khawatir, Kamu bisa mencicil 10% sampai 25% Setiap bulannya untuk di sisikan menjadi Dana Darurat.
  2. Hemat
    Jika Kamu Ingin Menabung uang untuk dana darurat pastinya kamu juga harus menjadi orang yang Hemat, berhenti belanja hal-hal yang tidak perlu seperti Baju / Celana yang sudah jelas pasti kamu sudah mempunyai stock cukup banyak di lemari kamu.
  3. Tempat Penyimanan
    Tempat terbaik dalam menyimpan tentunya di bank, selain aman dari perampokan dan pencuri menaruh uang kalian di Bank juga berpeluang mendapatkan hadiah dari bank tersebut karna di zaman sekarang Berbagai bank pasti mengadakan Hadiah untuk para nasabahnya.
  4. Bedakan Kartu Atm Konsumtif dan Kartu Atm Dana Darurat
    Karena berdasarkan survey, kita lebih suka berbelanja dan menghabiskan uang demi menyenangkan / kepuasan dalam keinginan kita.
    Jadi alangkah lebih baiknya jika kita pisahkan Atm Konsumtif dan Atm Dana Darurat, Cukup kalian daftar saja di dua bank yang berbeda, misalnya Bank BCA dan Bank BRI.

Kesimpulan :

Saya harap artikel “Dana Darurat, Strategi Pertolongan keuanganmu dalam masa krisis” ini dapat membuat kalian lebih melek terhadap keuangan kalian, karena harus kalian ingat bahwa nyari duit itu susah. Akan lebih bijak jika kalian melakukan tips ini agar lebih selamat kehidupan kalian dalam segi keuangan.