2 Cara Melakukan Transfer File Nirkabel Antara Android Dan PC

2 Cara Melakukan Transfer File Nirkabel Antara Android Dan PC

Berpikir tentang transfer file nirkabel antara Android dan PC?
Maka hal pertama yang muncul di benak Anda adalah menghubungkan perangkat melalui Bluetooth. Ya, itu salah satu metode yang membantu Anda mentransfer file antara ponsel dan PC tanpa menggunakan kabel USB.
Tetapi hari ini saya akan berbicara tentang menghubungkan perangkat Android dan PC/laptop Anda melalui Wi-Fi dan kemudian mentransfer file dalam kecepatan kilat.
Seperti yang kita ketahui, ada banyak pendekatan yang muncul di benak kita, ketika kita berpikir untuk mentransfer file antara perangkat Android dan PC seperti — melalui kabel USB, Bluetooth, Cloud, Inframerah, dll. Tapi mengapa kita memilih Wi-Fi untuk interkoneksi? Android dan PC?

Fitur Transfer File Nirkabel:

  • Aksesibilitas — mudah terhubung ke perangkat apa pun karena konektivitas Wi-Fi tersedia di setiap perangkat.
  • Kecepatan — tidak seperti metode lainnya, transfer file nirkabel memberikan keuntungan berupa kecepatan transfer file yang lebih ringan.
  • Sinkronkan kapan saja — karena metode transfer file nirkabel hanya memerlukan perangkat Android dengan hotspot Wi-Fi portabel (dengan/tanpa koneksi internet) untuk membuat jaringan Wi-Fi, sehingga Anda dapat menyinkronkan file antara ponsel dan laptop di mana saja, kapan saja.
  • Aman — Jika Anda menggunakan fitur hotspot Wi-Fi perangkat Anda untuk mentransfer file secara nirkabel, maka Anda tidak perlu takut akan pelanggaran data oleh penjahat dunia maya. [Selalu hindari mentransfer file melalui Wi-Fi publik]

Cara Melakukan Transfer File Nirkabel Antara Android Dan PC (Tanpa Kabel Data USB):

Menggunakan Sweech

Sweech adalah salah satu aplikasi Android sederhana dan termudah untuk melakukan transfer file nirkabel antara Android dan komputer. Sweech hadir dengan antarmuka yang bersih dan ramah pengguna tanpa pengaturan yang rumit. Jadi mari kita mulai tutorialnya:

  1. Pertama, pastikan smartphone dan PC Android Anda terhubung ke jaringan yang sama; Maksud saya, jika Anda memiliki broadband atau Wi-Fi, hubungkan kedua perangkat ini ke jaringan itu. Jika tidak, nyalakan hotspot seluler Anda dan hubungkan PC Anda ke hotspot itu. Ini adalah langkah penting.
  2. Sekarang instal dari Google play.
  3. Buka aplikasi, di layar beranda; Anda akan disambut dengan tombol “play”. Cukup ketuk di atasnya. Sekarang di bagian atas layar, Anda dapat menemukan URL seperti ini: http://192.168.1.3:4444.
  4. Masukkan URL ini di bilah alamat browser web komputer Anda. Itu dia. Ponsel cerdas Android Anda terhubung ke PC secara nirkabel — mudah-mudahan, bukan.

Sekarang mulailah mengunduh dan mengunggah file Anda dengan Wi-Fi antara ponsel cerdas dan komputer — juga, jangan khawatir tentang paket data Anda yang terbatas. Transfer file tidak akan menggunakan internet, jadi paket data Anda tidak akan habis.
Untuk memutuskan sambungan, tekan ikon “stop” di layar Android atau tutup jendela browser di komputer. Juga, jangan lupa untuk masuk ke beberapa pengaturan opsional di mana Anda dapat mengaktifkan akses tulis kartu SD atau tetap mengaktifkan layar saat mentransfer file antara Android dan PC secara nirkabel melalui Sweech.

2 Cara Melakukan Transfer File Nirkabel Antara Android Dan PC

Menggunakan Xender

Di sini, kami menggunakan aplikasi Android sederhana untuk mentransfer file antara perangkat Android dan PC tanpa kabel USB. Alat yang kami sukai untuk transfer file nirkabel adalah — Xender.

Mengapa saya memilih Xender daripada file Wi-Fi lain yang mentransfer aplikasi Android

  • Antarmuka pengguna yang mudah
  • Dapat menghubungkan perangkat dalam hitungan detik
  • Kecepatan transfer file yang luar biasa
  • Dapat mentransfer file dari Android ke Android, Android ke PC/laptop dan sebaliknya dan Android ke Windows/Mac.
  • Transfer file nirkabel dimungkinkan bahkan dengan atau tanpa koneksi internet
  • Dukungan lintas platform — aplikasi tersedia untuk Android, iOS, dan Windows.

Satu-satunya hal yang saya benci tentang Xender adalah, dengan setiap pembaruan, ia mengubah antarmuka penggunanya yang menggeser posisi opsi pengaturan setiap saat.
Jadi, mari kita lihat cara menggunakan Xender untuk mentransfer file secara nirkabel atau tanpa kabel USB antara Android dan PC.
Pertama, Anda harus menginstal Xender versi terbaru dari Google Play. Seperti yang telah saya sebutkan, Anda dapat melakukan transfer file nirkabel di Xender dengan atau tanpa koneksi internet.
Jadi kita membahas dua metode di sini.

Metode 1 — Mentransfer File Secara Nirkabel Di Xender Tanpa Koneksi Internet:

  1. Pertama, buka aplikasi Xender. Dari opsi pilih “Hubungkan ke PC”.
  2. Karena Anda akan mentransfer file tanpa menggunakan koneksi data, maka ketuk tombol melingkar untuk mengaktifkan hotspot perangkat Anda.
  3. Langkah selanjutnya, di laptop/PC anda, sambungkan ke jaringan wifi Xender.
  4. Sekarang buka browser komputer Anda dan masukkan URL yang disediakan di layar Xender. (http://192.168.43.1:33455).
  5. Berikutnya izin koneksi “Terima” yang muncul di ponsel Anda untuk memulai transfer file nirkabel antara ponsel cerdas dan komputer Anda.
  6. Itu saja. Sekarang pilih kategori apa saja di layar atau pengelola file untuk mengunggah dan mengunduh file melalui Xender tanpa koneksi internet.

Metode 2 — Mentransfer File Secara Nirkabel Di Xender Dengan Koneksi Internet:

Jika Anda suka mentransfer file di Xender dengan koneksi internet, maka pastikan smartphone dan komputer Android Anda terhubung melalui jaringan WiFi yang sama yang memiliki akses internet.

Setelah itu, alih-alih mengetuk tombol melingkar itu — yang kami sebutkan di Langkah 2 dari metode pertama — cukup buka browser komputer Anda dan masukkan “http://web.xender.com“. Dan kemudian ketuk “SCAN” pada ponsel cerdas dan pindai kode QR yang ditampilkan di layar browser Anda untuk memulai koneksi.

Transfer File Nirkabel Antara Android Dan PC

Itu dia. Satu-satunya perbedaan antara transfer file nirkabel melalui Xender dengan dan tanpa koneksi internet adalah saat menggunakan internet Anda harus memindai kode QR untuk menghubungkan smartphone Android dan komputer sedangkan tanpa koneksi data Anda harus menghubungkan perangkat melalui hotspot.