Manajemen Keuangan di Tally

Apa Tujuan dari Manajemen Keuangan di Tally?

Apa Tujuan dari Manajemen Keuangan di Tally? – Tally adalah perangkat lunak akuntansi komprehensif yang mencatat, melacak, dan mengambil semua transaksi keuangan, menjaga kepatuhan, menyiapkan laporan keuangan, dan banyak lagi. Namun, ada lebih banyak untuk manajer dan pemilik bisnis di Tally. Ini membantu manajer bisnis dalam pengelolaan keuangan perusahaan.

Manajemen Keuangan dengan Tally

Tujuan utama dari manajemen keuangan di Tally adalah untuk membantu bisnis membuat keputusan keuangan yang baik. Ini memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak pengeluaran, pendapatan, keuntungan dan kerugian mereka, dan data keuangan lainnya.

Tally membantu manajer melacak tren, profitabilitas, dan pertumbuhan perusahaan melalui analisis rasio, grafik, dll. Sebelum kita mulai dengan tujuan manajemen keuangan di Tally, mari kita lihat fitur manajemen keuangannya.

Manajemen keuangan mengacu pada proses yang terlibat dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian sumber daya keuangan organisasi. Manajemen keuangan membantu organisasi mengoptimalkan sumber daya keuangan yang terbatas untuk kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan penentuan posisi masa depan jangka panjang.

Manajemen keuangan bertujuan untuk memastikan bahwa bisnis memiliki semua sumber daya keuangan untuk memenuhi tujuannya. Ini termasuk memastikan bahwa bisnis memiliki arus kas yang cukup untuk menutupi pengeluarannya dan berinvestasi dalam aset jangka panjang yang akan membantu bisnis tumbuh.

Manajemen keuangan juga melibatkan pengambilan keputusan mengenai pengelolaan aset keuangan bisnis. Sebuah bisnis harus memiliki dasar keuangan yang kuat untuk memenuhi tujuan jangka panjangnya. Manajemen keuangan sangat penting dalam mengembangkan yayasan ini.

Tujuan Fitur Manajemen Keuangan di Tally

  • Manajemen keuangan adalah proses memastikan bisnis dapat memenuhi pengeluarannya dan mencapai target pertumbuhan. Manajemen keuangan memastikan bahwa bisnis berjalan dengan pendekatan berbasis data pada efisiensi optimal. Berikut adalah tujuan pengelolaan keuangan di Tally.
  • Menyediakan Rencana Manajemen Keuangan: Analisis keuangan membantu bisnis untuk menentukan dan merencanakan keuangan inti suatu organisasi. CFO perlu memutuskan rasio utang-ekuitas, komposisi modal, dan manajemen kas dengan cara terbaik yang layak.
  • Mengidentifikasi Dan Memantau Keadaan Keuangan Bisnis: Tally memberikan wawasan tentang rasio vital dari posisi keuangan perusahaan saat ini dan historis. Ini membantu TCWG untuk mengidentifikasi dan fokus pada kesenjangan keuangan dan titik kesulitan perusahaan.
  • Membuat Anggaran dan Mengelola Rencana Arus Kas: Tally memungkinkan pengguna untuk menganalisis pengeluaran dan overhead sebelumnya, membantu mereka membuat rencana anggaran yang kompetitif. Ini juga memberikan pengetahuan mendalam tentang arus kas di perusahaan, memungkinkan manajer untuk memutar modal kerja secara lebih efisien.
  • Mengembangkan Analisis dan interpretasi laporan keuangan: Fitur laporan keuangan di Tally adalah bagian dari fitur analisis keuangan. Ini membantu pemilik untuk menafsirkan posisi yang tepat dari bisnis pada setiap titik waktu melalui laporan keuangan.
  • Membuat Keputusan Berdasarkan Informasi Tentang Operasi Bisnis: Angka, rasio, dan data teknis yang disediakan oleh Tally membantu manajer membuat keputusan berdasarkan data berdasarkan analisis teknis dan fundamental.

Tujuan Utama Fitur Manajemen Keuangan di Tally

Manajemen Keuangan di Tally

Fitur Manajemen Keuangan di Tally

Tally lebih dari sekadar perangkat lunak akuntansi dasar. Tujuan utama pengelolaan keuangan di Tally adalah sebagai berikut:

  • Mengkonsolidasikan Data Keuangan: Tally menggabungkan semua data keuangan bisnis ke dalam satu bentuk yang dapat dibaca. Karena pembukuan dikelola secara terpisah, konsolidasi menjadi penting untuk pengambilan keputusan berdasarkan data.
  • Peramalan Posisi Keuangan: Tally menyediakan alat untuk menganalisis data saat ini dan tren bisnis untuk memperkirakan posisi keuangan masa depan. Tujuan meramalkan posisi keuangan bisnis adalah untuk memungkinkan manajer dan pemilik bereaksi secara proaktif.
  • Penganggaran: Tally membantu membuat anggaran untuk transaksi keuangan. Informasi ini dapat membantu manajer tetap berada di jalur yang benar dengan tujuan keuangan mereka dan mengambil tindakan korektif jika mereka tertinggal.
  • Analisis Data Keuangan: Tally membantu pengguna menganalisis data keuangan berdasarkan grafik, bagan, dan alat lainnya dengan kemudahan membuat keputusan bisnis yang baik. Laporan yang sesuai dapat dibuat untuk membantu pengguna mengidentifikasi masalah yang terkait dengan keuangan mereka.
  • Analisis Skenario: Pengguna dapat melakukan analisis skenario pada data keuangan yang berbeda di Tally untuk memprediksi masa depan bisnis mereka. Analisis skenario memungkinkan pengguna untuk mempertimbangkan berbagai opsi untuk mencapai tujuan tertentu dan memilih tindakan terbaik.
  • Pelaporan: Laporan keuangan dapat dengan mudah dibuat di Tally untuk berbagai tujuan seperti pelaporan manajemen, pelaporan wajib, dan pengarsipan pajak. Informasi ini sangat penting bagi pemilik bisnis dalam membuat keputusan tentang keuangan mereka.
  • Pemantauan Data Real-Time: Tally memungkinkan pemilik bisnis untuk melacak data keuangan mereka di dasar waktu nyata. Ini membantu mereka membuat keputusan cepat berdasarkan kondisi yang memengaruhi bisnis.

Mengapa Manajemen Keuangan Penting untuk Usaha Kecil?

Usaha kecil perlu mempertimbangkan pengelolaan keuangan karena membantu mereka mencapai tujuan dan memanfaatkan sumber daya secara optimal. Berikut adalah manfaat manajemen keuangan untuk usaha kecil:

  • Membantu memahami situasi keuangan mereka saat ini dan menetapkan tujuan masa depan.
  • Menyediakan alat untuk membuat keputusan bisnis yang terinformasi.
  • Menginformasikan pemilik bisnis tentang pengeluaran modal yang akan datang dan investasi yang diperlukan.
  • Membantu dalam peramalan arus kas, yang diperlukan untuk menjaga likuiditas dalam bisnis.
  • Mendorong pengambilan keputusan keuangan yang lebih baik dan menyediakan struktur untuk penganggaran.
  • Membantu manajer dalam menganalisis tren dan pengaruhnya terhadap bisnis.
  • Membantu membuat keputusan berdasarkan informasi tentang investasi, pembiayaan, atau ekspansi masa depan.

Kesimpulan

Tally melakukan lebih dari sekadar akuntansi, ini adalah perangkat lunak ERP yang lengkap. Manajer bisnis yang berpengetahuan luas dapat melakukan keajaiban dengan informasi keuangan yang disediakan oleh Tally. Manajemen keuangan Tally membantu pemilik bisnis membuat keputusan berdasarkan data, mengidentifikasi tren, mengambil tindakan proaktif, dan banyak lagi.